SEJARAH
SMA Negeri 3 Cilegon keberadaannya dimulai dengan dibentuknya Panitia Persiapan Pelaksanaan Operasional SMA Negeri 3 Cilegon Pada tanggal 24 April 2000, yang dipimpin oleh Kakandepdikbud Kab.Serang, yang dihadiri oleh Kepala SMA Negeri 1 Cilegon (SMA Negeri 3 Cilegon merupakan filial dari SMA Negeri 1 Cilegon) dan Kepala SLTPN Se-Cilegon bertempat di Kampus SMA Negeri 3 Cilegon, yang bangunannya merupakan Proyek Sumbangan dari OECF Jepang.
Setelah Pengelola SMA Negeri 3 Cilegon dibentuk, maka diadakan Upacara Selamatan Penggunaan Gedung SMA Negeri 3 Cilegon yang dilanjutkan dengan Penerimaan Siswa Baru Tahun Pelajaran 2000/2001 sebanyak 200 Siswa Pada tanggal 17 Juli 2000 yang kemudian ditetapkan sebagai tanggal dan tahun berdirinya SMA Negeri 3 Cilegon.
Pada tanggal 17 April 2001 dengan nomor 046/0/2001 secara resmi SMA Negeri 3 Cilegon mendapatkan surat penegrian yang ditandatangani oleh Mendiknas, yang dilanjutkan dengan Pelantikan Kepala Sekolah Definitif Pada Tanggal 9 Juni 2003.
Pada Tanggal 6 Maret 2001, dengan diberlakukannya Undang-Undang Otonomi Daerah SMA Negeri 3 Cilegon juga mengadakan perubahan dengan dibentuknya Komite Sekolah dan mulai saat itu pengelolaan berpedoman pada Managemen Berbasis Sekolah (MBS).
Adapun Keadaan SMA Negeri 3 Cilegon Pada tahun Pelajaran 2003/2004 adalah sebagai Berikut :
IDENTITAS SEKOLAH
Nama Sekolah : SMA Negeri 3 Cilegon
Tahun Berdiri : 17 Juli 2000
NSS : -
Nomor Rutin : -
NPWP Rutin : -
NPWP DPP : -
SK Penegerian Sekolah :
Nomor : 046 / 0 / 2001
Tanggal : 17 April 2001
Status Tanah : Milik Negara
- Luas Tanah : 12.200 m2
- Luas Bangunan : 5.310 m2
- Luas Halaman : 6.365 m2
- Pagar : 780 m
VISI DAN MISI
VISI SMA Negeri 3 Cilegon
Mencetak peserta didik yang mampu memahami hak dan kewajibannya sebagai warga sekolah dan masyarakat yang ber “ CITRA “ (Cerdas, Imtaq, Terampil, Responsif dan Aktif).”
Untuk mewujudkan semua itu, SMA Negeri 3 Cilegon menentukan langkah-langkah strategis yang dinyatakan dalam Misi:
Misi SMA Negeri 3 Cilegon
- Cerdas : Mendidik siswa menguasai keilmuan dan memiliki akhlak yang terpuji
- Imtaq (Iman dan Taqwa) : Menumbuhkembangkan keyakinan yang tinggi bahwa ilmu yang didapat pada hakekatnya berasal dari Allah SWT dan kelak diamalkan untuk kejayaan Agama, Bangsa dan Negara
- Terampil : Mengembangkan kemampuan dan keterampilan siswa agar siap menghadapi tantangan dimasa yang akan datang
- Responsif : Menanamkan sikap yang tanggap dan tidak bersikap apatis terhadap keadaan di sekitarnya
- Aktif : Menumbuhkembangkan potensi dan rasa kepercayaan diri siswa melalui kegiatan organisasi di lingkungan sekolah